Sabtu, 18 Januari 2014

PLC



PLC (Programmable Logic Control)  merupakan merupakan suatu alat control logic yang bisa deprogram. PLC ini memiliki bahasa pemrograman yang mudah dipahami dan dapat dioperasikan bila program yang telah dibuat dengan menggunakan software yang sesuai dengan jenis PLC yang digunakan sudah dimasukkan.
 
Jenis - jenis PLC yang ada dipasaran
Berdasarkan namanya konsep PLC adalah sebagai berikut :
1.    Programmable, menunjukkan kemampuan dalam hal memori untuk menyimpan program  yang   telah dibuat yang dengan mudah diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.
2.  Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
3.    Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.  
   
Istilah – istilah yang ada dalam PLC

   1. Normali Open (NO)
Jika tidak diberi masukan dia seakan-akan putus (tidak ada hubungan) dan jika diberi masukan dia akan on. Yang dimaksud dengan masukan tersebut yaitu bagian (garis) yang berwabrna merah. Sedangkan bulatan tersebut adalah coil.


   
   2. Normali Close (NC)
Ini adalah kebalikan dari Normaly Open. Ketika diprogram belum diberi masukan apapun dia sudah ON, tetapi ketika dia diberi masukan justru dia akan mati. Untuk lingkaran itu adalah coil juga.




   
  3.Ada pula model jenis lain, dimana gabungan dari NC dengan NO. Dimana keluaran dari NC dimasukkan ke NO, sehingga ketika kluran dari NC tidaAk da muatan maka pada rangkaian NO jga tidak terdapat muatan (tidak ada aliran listrik). Begitu juga sebaliknya.










    
    Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar