Sabtu, 18 Januari 2014

Encoder dan Decoder



ENCODER DAN DECODER

Sebelum kita masuk ke materi kita telah banyak mengenal beberapa sandi. Baik itu sandi morse, sandi semapore, sandi rumput dan lain-lain. Namun bukan sandi tersebut yang kita maksud dalam pembahasan kali ini, melainkan penyandi yang bisa digunakan dikomputer.
Seperti yang kita ketahui sebelumnya. Contoh dari yang dimaksud diatas adalah sandi bilangan biner, hexa, dll. Sandi sandi tersebut yang nantinya akan dirubah agar mampu dibaca ataupun menjalankan program yang terdapat pada komputer. Misalnya pada masukan diberikan sandi bilangan decimal menunjukkan angka 5 yang akan diubah menjadi angka biner (bahasa mesin). Jika kita langsung membaca angka- angka biner tentu sangat kesulitan, maka perlu dipercahkan terlebih dahulu agar menjadi angka desimal atau hexa.


 
Encoder berasal dari kata ”code” yang artinya sandi  adalah suatu rangkaian logika yang berfungsi untuk mengkonversikan kode biner kedalam kode decimal. 


 

 








 
Decoder berasal dari kata “de” yang artinya pemecah / melepas dan “code” artinya sandi. Decoder yaitu pemacah sandi.adalah suatu rangkaian logika yang berfungsi untuk mengkonversikan kode decimal kedalam kode biner.








Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar