Sabtu, 18 Januari 2014

EPROM



EPROM (Erasable Prrogremable Read Only Memory). EPROM adalah jenis chip memori yang dapat ditulisi program secara elektris. Data yang tersimpan di dalamnya tidak bisa hilang walaupun komputer dimatikan, tidak membutuhkan daya listrik untuk mempertahankan atau menjaga informasi atau program yang tersimpan di dalamnya.

Cara kerja EPROM, EPROM tersusun atas transistor FET yang telah dimodifikasi yang disebut sebagai transistor FET floating gate. Dimana jika pada floating gate diberi masukan positif maka antara source dan drain akan terhubung, sehingga listrik mengalir. Dan jika diberi muatan negatif maka listrik akan terputus (listrik tidak akan mengalir).

Transistor FET Floating Gate, pada gate-nya tidak langsung dihubungkan keluar, tetapi mengambang dan dikelilingi oleh oksida. Sehingga untuk menyalakan perlu voltase tinggi dari Control Gate diatas, baru bisa menembus oksida yang mengelilingi gate tersebut, dan dalam gate tersebut elektron dari control gate terjebak tidak bisa keluar, maka dalam kondisi tersebut elektron – elektron tersebut akan menyambung source dan drain. Kodisi seperti itu dijadikan penyimpanan pada EPROM dan dapat bertahan sampai bertahun-tahun. Untuk menghapusnya perlu diberi cahaya sinar ultara violet. Namun membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses penghapusannya. Sehingga dalam perkembangannya dibuatlah bentuk lain yang berupa elektrik sebagai media untuk menghapus atau biasa kita sebut sebagai EEPROM.

 
EEPROM (Electricaly Erasable Prrogremable Read Only Memory) banyak diterapkan pada Flash disk. Jadi EEPROM yaitu EPROM yang penghapusan datanya dengan listrik.







Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar