Sabtu, 18 Januari 2014

Gerbang Logika Dasar.



Gerbang Logika Dasar

Mungkin dulu di SMA atau SMK telah diajarkan materi tentang “Logika”. Baik itu logika AND (dan) maupun logika OR (atau). Disini kita mengulang lagi apa itu gerbang logika. Gerbang logika merupakan sebuah sistem pemrosesan dasar yang dapat memproses input-input yang berupa bilangan biner menjadi sebuah output yang berkondisi yang akhirnya digunakan untuk proses selanjutnya.  Didalam setiap gerbang terdapat beberapa rangkaian elektronika yang terdiri dari transistor, diode, dan resistor. Biasanya gerbang yangg sering kita temui sudah berbentuk IC.

Macam-macam gerbang logika :

1.      Gerbang AND

Simbol gerbang AND beserta tabel kebenarannya

Gerbang AND akan bernalai 1 apabila semua masukan atau inputnya bernilai 1, namun apabila semua atau salah satu masukannya bernilai  0 maka outputnya akan bernilai 0.  








2.      Gerbang OR    

Simbol gerbang OR beserta tabel kebenarannya

Gerbang OR akan bernilai 1 apabila salah satu atau semua inputnya yang dimasukkan bernilai 1 dan apabila keluaran yang di inginkan berlogika 0 maka inputnya yang dimasukkan harus bernilai 0 semua. 







3.      Gerbang NOT

Simbol gerbang NOT beserta tabel kebenarannya


Gerbang NOT berfungsi sebagai pembalik (Inverter), yang mana outputnya akan bernilai terbalik dengan inputnya.  


 







4.      Gerbang NAND
 
Simbol gerbang NAND beserta tabel kebenarannya
Gerbang NAND apabila diinginkan outputnya bernilai 0 apabila semua inputnya bernilai 1 dan outputnya akan bernilai 1 apabila semua atau salah satu inputnya bernilai 0.









5.      Gerbang NOR

Simbol gerbang NOR beserta tabel kebenarannya
Gerbang NOR merupakan gerbang logika yang outputnya akan bernilai 1 apabila semua inputnya bernilai 0, dan outputnya akan bernilai 0 apabila semua atau salah satu inputnya bernilai 1.
 








6.      Gerbang XOR

Simbol gerbang XOR beserta tabel kebenarannya

Mirip dengan OR, tetapi ada garis dibelakangnya. Gerbang XOR merupakan kepanjangan dari Exclusive OR keluaran XOR akan bernilai 1 apabila inputnya berbeda, namun apabila semua inputnya sama maka akan memberikan output 0. 








7.      Gerbang XNOR 
 
Simbol gerbang XNOR beserta tabel kebenarannya
Gerbang XOR yang dibalik. XNOR merupakan kepanjangan dari Exclusive NOR yang mana keluarannya akan bernilai 1 apabila semua inputnya sama, namun apabila inputnya berbeda maka akan memberikan output bernilai 0.  








Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar